Membuat report Ms. Acces

Membangkitkan Bilangan Acak Menggunakan Matlab

MS ACCES LANJUTAN 2

MEMBUAT REPORT

Report digunakan untuk menyajikan laporan/informasi dalam format yang lebih mudah dibaca atau lebih profesonal. Ukuran dan tampilan dalam report dapat dikonttrol sesuai dengan yang diinginkan, misalnya dalam bentuk label surat, bentuk grafik dsb. Di samping itu dpat ditambahkan control-kontrol khusus yang dapat memperinddah ilustrasi tampilan data, misalnya control image.

Jika bekerja dengan report, maka anda dapat menggunakan data-data dari table, query atau dari perintah SQL sebagai sumber datanya. Sedangkan informasi lainnya dapat dimasukkan melalui Report Designer.

Report dan data dapat dihubungkan dengan menggunakan objek grafis yang yang dihubungkan dengan control. Kontrol ini dapat berupa text box, misalnya untuk menampilkan data nim, nama, alamat, label untuk menampilan judul, line untuk mengaur tampilan, dll. Dalam report anda juga dapat mengatur elemen tambahan seperti header laporan, header halaman dan footer halaman.

Ada beberapa cara untuk membuat report, diantaranya menggunakan autoreport, report designer dan report wizard.

Membuat Report dengan Autoreport

Jika anda menginginkan report sederhana berdasarkan suatu table atau query tunggal, maka anda dapat menggunakan AutoReport. Ada 2 macam pilihan untuk Autoreport yaitu : Aautoreport Tabular dan Autorreport Columnar. Report tabular seperti datasheet dan report columnar seperti form.

Coba buka kembali database AKADEMIK. Ikuti langkah-langkah berikut :

  1. Dari windows database, pilih Report dan klik tombol New lalu akan muncul kotak dialog New Report.
  2. Pilih Autoreport : Columnar atau Autoreport : Tabular. Oba pilih Autoreport  :  Tabular.
  3. Pilih table atau query dari daftardrop-down di bawah kotak dalog. Oba pilih table mahasiswa.
  4. Klik OK, maka report akan muncul pada print preview. Report ini dapat dirubah tampilannya denjgan menggunaka report designer.
  5. Beri nama report tersebut REP-MHS.

Membuat Report dengan Report Wizard

Report Wizard memberikan kemudahan pemakaian dan fleksibilitas. Dengan menggunakan report wizard, anda dapat menggunakan banyak table dan query, kemudian memilih sebuah layout dan format untuk report anda. Ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat report dengan report wizard.

  1. Dari windows database pilih objek Report dan klik tombol New. Pada kotak dialog New Report pilih Report Wizard dan pada drop-down list pilih table MAHASISWA.
  1. Klik sebuah field pada daftar Available Field, kemudian klik tombol > untuk memindahkan field ke daftar Selected Fields. Ulangi langkah tersebut untuk semua field yang anda iginkan atau klik >> untuk memindahkan semua field secara bersamaan. Coba pilih field NIM dan NAMA.
  2. Jika anda ingin memilih table atau query lain, pilih ddari daftar Tables/Queries dan ulangi langkah 2. Coba pilih :

-          dari table MATAKLIAH field : KD_MK, NAMA_MK, SKS

-          dari table AMBILKULIAH field NILAI

Tabel yang anda pilih seharusnya memiliki relasi satu sama lain, sehingga data anda akan terlihat pada report. Setelah anda selesai memilih field klik NEXT, maka akan muncul kotak dialog wizard berikutnya.

Pada windows ini anda diminta memilih pengelompokka laporan berdasarkan salah satu table. Coba pilih by MAHASISWA, artinya untuk ssetiap mahasiswa akan ditampilkan semua mata kuliah yang diambilnya beserta nilainya. Selanjutnya tekan NEXT.

  1. Pada windows berikutnya dapat dipilih field tambahan untuk mengelompokkan data pada level yang berikutnya. Karena kita tidak akan menambahkan pengelompokkan berdasarkan suatu field tertentu, langsung saja tekan tombol NEXT.
  1. Pada windows berikut pilih pengurutan berdasarkan field-field tertentu, maksimal sampai 4 field dan pilih metode pengurutan untuk setiap field tersebut, Ascending atau Descending. Coba pilih KD_MK dengan metode pengurutan Ascending. Artinya untuk ssetiap mahasiswa, data mata kuliah yang diambil diurutkan secara Ascending berdasarkan KD_MK yang diambilnya.

Untuk  menambah data agregasi pada report misalnya menari nilai rata-rata, nilai maksimum atau minimum dalam satu kelompok data dapatdilakukan dengan mengkliktombol Summary Option. Coba tandaicek box yang merupakan pertemuan baris NILAI dan kolom AVG, yang artinya kita akan menampilkan nilai rata-rata dari  semua mata kuliah yang diambil oleh setiap mahasiswa. Selanjutnyatekan tombol NEXT.

  1. Pada windows berikut anda diminta untuk memilh tipe layout dari report. Coba pilih layout dengan tipe Stepped, Orientasi Portrait dan klik check box Adjust the field so all field fit on a page. Jika sudah selesai menentukan pilihan layout, tekan tombol NEXT.
  1. Padda windows berikut pilih style untuk report. Coba pilih Corporate. Selanjutnya tekan NEXT.
  1. Pada windows berikutnya beri judul report DATA NILAI MAHASISWA dan pilih Preview the Report untuk menampilkan report ke layer atau pilih Modify the report’s design untuk memodifikasi report pada windows report designer.

Untuk membuat tampilan report lebih menarik, anda dapat mendesign lebih lanjut report tersebut di report designer. Coba rubah judul kolom pada report yang telah anda buat agar lebih representatif, misalnya KD_MK diganti KODE MATAKULIAH, dll.

Latihan

  1. Buat report untuk menampilkan data-data mahasiswa yang mengambil setiap mata kuliah (untuk setiap mata kuliah tampilkan data-data pengambil mata kuliah tersebut) beserta nilai yang diperolehnya. Dan untuk setiap mata kuliah tampilkan nilai maksimum, minimum dan rata-ratanya. Field-field yang ditampilkan :
  • Dari table MATAKULIAH : KD_MK, NAMA_MK, SKS
  • Dari table MAHASISWA : NIM, NAMA
  • Dari table AMBILKULIAH : NILAI

Urutkan berdasarkan NIM secara  membesar, artinya untuk setiap mata kuliah , mahasiswa pengambil mata kuliah tersebut ditampilkan terurut berdasarkan NIM.

Judul/Nama Report : DATA PENGAMBIL MATAKULIAH

  1. Buat report untuk menampilkan data-data mata kuliah yang diajar oleh seorang dosen dan untuk setiap mata kuliah yang diajarnya tampilkan mahasiswa yang mengambil mata kuliah tersebut beserta nilainya. Dan untuk setiap mata kuliah tampilkan nilai maksimum, minimum dan rata-ratanya. Field-field yang ditampilkan :
  • Dari table DOSEN : KD_DOSEN, NAMA_DOS → level 1
  • Dari table MATAKULIAH : KD_MK, NAMA_MK, SKS  → level 2
  • Dari table MAHASISWA : NIM, NAMA → level 3
  • Dari table AMBILKULIAH : NILAI → level 3

Urutkan berdasarkan NIM secara  membesar, artinya untuk setiap mata kuliah yang diajarkan oleh dosen tersebut, mahasiswa pengambil mata kuliah tersebut ditampilkan terurut berdasarkan NIM.

Orientasi : Landscape

Judul/nama report : DATA DOSEN-MATA KULIAH-MAHASISWA

Mengkustomisasi Report dengan Report Designer

Untuk membuat report kelihatan lebih menarik, dapat digunakan report designer. Report designer terdiri atas beberapa bagian :

Report Header : bagian yang akan dicetak pada laporan bagian atas, dapat diisi judul laporan, nama perusahaan dll.

Page Header : bagian yang akan dicetak di setiap halaman bagian atas. Yang biasa dicetak di bagian ini adalah teks atau label untuk juudl kolom (field)

Detail : bagian yang akan digunakan untuk mencetak dan memformat bentuk cetakan datanya

Page Footer : bagian yang akan dicetak di setiap halaman bagian bawah, misalnya untuk nomor halaman, tanggal pencetakan dll

Report Footer : bagian yang digunakan untuk memasukkan dan memformat objek-objek yang akan dicetak di akhir laporan. Yang dimasukkan ke bagian ini biasanya tanggal, tempat dan pembuat laporan.

Jika anda menambahkan objek atau control lain ke salah satu bagian tadi, maka dengan sendirinya objek atau kontrol tersebut akan masuk dan dicetak dibagian yang ditempatinya.

Coba buka report DATA NILAI MAHASISWA yang telah dibuat dengan report wizard pada report designer.

Coba tambahkan kolm NILAI-TOTAL pada Page Header dan detail NILAI-TOTAL pada bagian Detail yang merupakan ekspresi numeric hasil perkalian dari kolom SKS ddan NILAI. Dan untuk setiap mahasiswa hitung nilai IPK yang merupakan hasil perhitungan rumus dibawah ini, kemudian taruh keterangan dan ekspresinya pada bagian NIM Footer.

Menambah Tex Box Perhitungan

Kotak teks selain dapat menampilakan data dari field dapat juga digunakan sebagai penampung hasil suatu ekspresi numeik. Untuk memasukkan perhitungan pada text box ikuti langkah berikut :

  1. Klik tool textbox pada toolbox, klik dan drag pada report untuk membuat kotak teks.
  2. Ubah judul label sesuai dengan data yang akan ditaampilkan pada text box .
  3. Klik tombol mouse sebelah kanan pada kotak teks dan pilih properties untuk memilih  properties objek lalu pilih atribut kontrol sources untuk menampilkan ekspresion builder seperti berikut. Lakukan perhitngan di window ini jika sudah selesai klik tombol OK untuk kembali ke report designer.

Semua rumus diawali ddengan tanda sama dengan (=) dan semua nama field berada di antara kurung siku ([ ]). Anda dapat menggunakan fungsi-fungsi yang ada pada folder Function, memilih field-field pada folder Tables, dll.

Latihan

Buatlah report-report dari table-tabel  atau dari query-query yang pernah anda buat pada pertemuan sebelumnya.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: