Arkom-2

Membangkitkan Bilangan Acak Menggunakan Matlab

DESKRIPSI MATA KULIAH

MATA KULIAH / KODE   : ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER

JURUSAN / PROGRAM    : Teknik Informatika/Sistem Informasi

SEMESTER / SKS   : 1 / 3 SKS

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib dari perkuliahan pada program S-1 Teknik Informatika, D-3 Komputer Akuntansi dan D-3 Manajemen Informatika. Selesai mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu mengenal dan memahami organisasi dan arsitektur komputer. Materi yang disampaikan meliputi : Pengantar,evolusi dan kinerja computer , Struktur dan Fungsi computer Sistem Bus, Cache memory,Memory (internal dan external),I/O, Dukungan sistem operasi, Aritmatika computer, Set instruksi (mode pengalamatan dan karakteristiknya), RISC,CISC, Supersclar, Control Unit, Mikroprogam,Parallel Processing,Sample As Posibble 1(SAP-1) dan SAP-2.

.Metode yang digunakan pada mata kuliah ini : ceramah, Tanya jawab, diskusi dan pemecahan masalah. Evaluasi dilakukan dengan memberikan 2 kali ujian. Buku sumber utama : William Stalling Computer Organization and Architecture, Prentice Hall, 5 Th ed, 2000; Stuctured Computer Organisation, Andrew S. Tanenbaum, Prentice Hall, Mano, Morris (2006), Computer System Architecture

SILABUS

  1. 1. Identitas Mata Kuliah

Nama Mata Kuliah           : Organisasi dan Arsitektur Komputer

Nomor Kode                    :

Jumlah SKS                     :

Semester                           : 1

Kelompok Mata Kuliah   : MKB

Program Studi / Program : Teknik Informatika/ Teknik Informatika

Status Mata Kuliah          : Wajib

Prasyarat                          : –

Dosen                               : Aa Zezen Zaenal Abidin,S.Pd,ST

  1. 2. Tujuan

Mahasiswa diharapkan mampu mengenal dan memahami organisasi dan arsitektur komputer.

  1. 3. Deskripsi Isi :
Dalam perkuliahan ini dibahas mulai Pengantar,evolusi dan kinerja computer , Struktur dan Fungsi computer Sistem Bus, Cache memory,Memory (internal dan external),I/O, Dukungan sistem operasi, Aritmatika computer, Set instruksi (mode pengalamatan dan karakteristiknya), RISC,CISC, Supersclar, Control Unit, Mikroprogam,Parallel Processing,Sample As Posibble -1(SAP-1) dan SAP-2
  1. 4. Pendekatan Pembelajaran

Metode    :    Yang digunakan pada mata kuliah ini : ceramah, Tanya jawab, diskusi dan pemecahan masalah.

Tugas       :    Pekerjaan rumah (PR) dan proyek akhir mata kuliah berupa penyususnan paper teknologi BUS(USB,SATTA,firewire dll).

  1. 5. Evaluasi

–          Kehadiran

–          UTS

–          QUIS

–          UAS

–          Makalah

  1. 6. Rincian Materi Perkuliahan Tiap Pertemuan

Pertemuan I                      :           Organisasi dan Arsitektur, Strutur dan fungsi komputer.

Pertemuan 2                     :           Evolusi dan kinerja sistem

Pertemuan 3,4                  :           Memori utama dan memori eksternal

Pertemuan 5                     :           I/O.

Pertemuan 6                     :          Sistem Bus

Pertemuan  7                    :          Aritmetika Komputer.

Pertemuan 8                     :           Ujian Tengah Semester (UTS)

Pertemuan 9                     :           Set instruksi dan mode pengalamatan

Pertemuan 10                   :           Ujian Tengah Semster

Pertemuan 11                   :           Struktur dan fungsi CPU

Pertemuan 12                   :           Rancangan komputer parallel

Pertemuan 13,14              :           adder,counter, multiplexer, perancangan Mux

Pertemuan 15                   :           SAP-1

Pertemuan 16                   :           Ujian Akhir Semester (UAS)

  1. 7. Daftar Buku
    1. 1. Stallings, William, (2008) Computer Organization and Architecture
    2. Stuctured Computer Organisation, Andrew S. Tanenbaum, Prentice Hall
    3. Malvino, Digital computer Electronics,McGraw-Hill,inc tahun 1983

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

Kode & Nama Mata Kuliah    : Organisasi dan Arsitektur Komputer (3 sks)

Tujuan Pembelajaran Umum   : Mampu mengenal dan memahami organisasi dan arsitektur komputer.

Jumlah Pertemuan                   : 16 kali

Pertemuan ke Tujuan Pembelajaran Khusus (Performansi /Indikator) Sub Pokok Bahasan dan Rincian materi Proses Pembelajaran (Kegiatan mahasiswa) Tugas dan Evaluasi Media & Buku Sumber
1

(2,5 jam)

  1. Mahasiswa memahami dan mampu:
    1. menjelaskan  organisasional dan arsitektur sistem komputer
    2. menjelaskan menjelaskan perbedaan organisasi dan arsitektur komputer
    3. menjelaskan struktur dan fungsi sistem komputer.
1.  ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER, STRUKTUR DAN FUNGSI.

  1. Pengertian komputer
  2. Organisasi komputer
  3. Perbedaan organisasi dan arsitektur komputer
  4. Struktur sistem komputer
  5. Fungsi sistem komputer
Menyimak kuliah dari dosen, bertanya jawab, mengerjakan tugas dan diskusi. Mahasiswa diminta menyimpulkan arti manajemen dan perkembangannya 1
2

(2,5 Jam)

  1. Mahasiswa dapat memahami dan mampu menjelaskan sistem komputer IAS sebagai konsep sistem komputer modern, evolusi sistem komputer dari generasi ke generasi dan dapat menyimpulkan kinerja sistem.
2. EVOLUSI DAN KERJA SISTEM KOMPUTER

1. Komputer generasi I

  1. Komputer ENIAC
  2. Komputer IAS
  3. UNIVACS
  4. Komputer generasi II:
  5. Komputer generasi III
  6. Komputer generasi IV
  7. Perancangan kenrja
  8. Contoh evolusi sistem,studi kasus komputer pada pentium
Menyimak kuliah dari dosen, bertanya jawab, mengerjakan tugas dan diskusi Mahasiswa diminta membuat riview evolusi sistem an menyimpulkan kinerja masing-masing sistem 1
3 & 4

(5 Jam)

  1. Mahasiswa memahami dan mampu menjelaskan sistem memory utama dan jenis-jenis serta karakteristik memory eksternal.
  2. 3. MEMORI UTAMA DAN MEMORI EKSTERNAL
    1. Iktisar sistem memory bit
    2. Alamat memory
    3. Pengaturan byte
    4. Memory utama sekunder
    5. Jenis memory utama
    6. Magnetic disk
    7. Floppy disk
    8. Disk IDE,SCSI,RAID
    9. CDROM,CDRW,DVD
Menyimak kuliah dari dosen, bertanya jawab, mengerjakan tugas dan diskusi Mahasiswa diminta membuat paper jenis-jenis memory eksternal dan karakteristiknya. 1,2
5

(2,5 Jam)

  1. Mahasiswa memahami dan mampu menjelaskan unit-unit input dan output dari sistem komputer.
4. UNIT INPUT DAN OUT PUT

1.  Perangkat eksternal I/O

2.  modul-modul I/O

3.  Interrupt Control Intel 8259A,8255A,DMA :

4. terminal karakter Ma, RS 232C

Menyimak kuliah dari dosen, bertanya jawab, mengerjakan tugas dan diskusi Mahasiswa diminta membuat paper  Interrupt Control Intel 8259A,8255A,DMA. 1,2
6

(2,5 jam)

5.Mahasiswa mampu menjelaskan stukrue interkoneksi, interkoneksi dan elem perancangan  bus. 5. SISTEM BUS

1.  Struktur Interkoneksi.

2.  Interkoneksi bus

3.  Elemen perancangan bus

Menyimak kuliah dari dosen, bertanya jawab, dan diskusi serta penugasan. .membuat paper teknologi bus yang ada 1,2
7

(2,5 jam)

  1. Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan, ariematika komputer.
6.  ARITMATIKA KOMPUTER

1.  Representasi Integer

2.  Komplemen-komplemen

3.  Aritmetika Integer

4.Pengolahan komplemen-komplemen

5.Floating point

Menyimak kuliah dari dosen, bertanya jawab, mengerjakan tugas dan diskusi Mahasiswa diminta menyelesaikan soal-soal aritmatika yang diberikan dosen. 1,2
8

(2,5 jam)

  1. Mahasiswa memahami dan mampu menggunakan set intruksi yang ada serta dapat melakukan mode pengalamatan.
7. SET INSTRUKSI DAN MODE PENGALAMATAM

1.  Karakteristik instruksi mesin

2.  Jenis operand dan operasi

3.  Format bahasa Assembly

4. Mode Pengalamatan dan set instruksi

5.  Perancangan format instruksi

Menyimak kuliah dari dosen, bertanya jawab, mengerjakan tugas dan diskusi Mahasiswa diberikan studi kasus untuk melakukan set intruksi dan pengalamatan 1,2
9

(2,5 Jam)

8.Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan struktur dan fungsi sistem CPU yang ada. 8.  STRUKTUR DAN FUNGSI CPU

1.  Organisasi prosessor dan Register

2.  User visible register

3.  Siklus instruksi

4.  Pipelining Instruksi

Menyimak kuliah dari dosen, bertanya jawab, mengerjakan tugas dan diskusi Mahasiswa diminta untuk melakukan implemnatsi pipelining intsruksi pada studi kasus yang diberikan 1,2
10

(2,5 jam)

9.Mahasiswa memahami ranangan sistem komputer parallel. 9.  RANCANGAN KOMPUTER PARALLEL

1.  Model Komunikasi

2.  Jaringan interkoneksi

3.  Taksonomi komputer parallel

4. Arsitektur SMP berbasis bus UMA

Menyimak kuliah dari dosen, bertanya jawab 1,2
11,12

(5 jam)

  1. Mahasiswa dapat merancanga rangkaian adder, counter dan multiplexer untuk mengenali dan merekayasa sistem komputer,khususnya  SAP-1 dan 2
10.ADDER, COUNTER,MULTIPLEXER

1. Rangkaian Adder

2.Minimisasi menggunakan karnaugh Map

3.Counter

4. multiplexer

Menyimak kuliah dari dosen, bertanya jawab, mengerjakan tugas dan diskusi Mahasiswa diminta melakuakn perancangan rangkaian adder, counter dan Mux dari soal yang diberikan dosen 1,2,3
13,14,15
  1. Mahasiswa mampu memahami arsitektur dan organisasional sistem komputer SAP-1 dan 2
11.SAP-1 dan 2 (Sample As Possible-1)

1. Arsitektur SAP-1 dan 2

2. Perangkat instruksi SAP-1 dan 2

3. Pemrograman SAP-1 dan 2

4. Siklus pengambilan SAP-1 dan 2

5. Siklus Eksekusi SAP-1 dan 2

6. Mikro Program  SAP-1 dan 2

7. Diagram skematik SAP-1 dan 2

8. 8Pengadaan Mikroprogram SAP-1 dan 2

Menyimak kuliah dari dosen, bertanya jawab, mengerjakan tugas dan diskusi Mahasiswa diminta melakukan pemrograman pada komputer SAP-1 an 2 dari studi kasus yang diberikan oleh dosen. 1,2,3

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: